0 Definisi Hukum Menurut Para Pakar

Jumat, 24 Desember 2010

Sûřįŷă-Ăŧĵěĥ - Mendengar kata hukum, kita selalu akan terbawa pada ingatan-ingatan seputar dunia dalam persidangan yang menegangkan atau kumpulan kitab pasal-pasal hukum yang sangat tebal. Padahal sejatinya keberadaan hukum, adalah semacam tata kelola yang mengatur segala tindak-tanduk masyarakat dalam sebuah negara atau lembaga yang melakukan sesuatu yang melanggar aturan yang berlaku.

Hukum yang sudah disepakati, kemudian berlaku dan ditegakkan agar melindungi orang yang merasa dirugikan atau membuat jera si pelaku. Hanya saja, karena luasnya bahasan tentang hukum, tidak sedikit masyarakat yang tidak tahu apa sebenarnya definisi hukum itu sendiri?

Bidang Hukum
Secara general, hukum sendiri merupakan sebuah aturan atau sistem yang keberadaannya sangatlah urgent dalam sebuah pelaksanaan kekuasaan kelembagaan.

Baik bersekala besar semisal negara atau skala kecil seumpama instansi-instansi atau perusahaan.Tujuannya untuk menghindari penyalahgunaan kekuasaan dalam lingkup bidang; terutama bidang politik dan ekonomi.

Dari sini kemudian lahirlah bidang-bidang hukum seperti pidana (hukum publik), perdata (hukum pribadi), hukum acara, hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum internasional, hukum adat, hukum agraria, hukum islam, hukum bisnis, serta hukum yang mengoal lingkungan lingkungan. Itulah sekilas bidang-bidang di dunia hukum.

Definisi Hukum
Nah, terkait dengan masalah definisi hukum, ada beberapa definisi yang disampaikan oleh pakar dan ahilnya. Berikut definisinya menurut mereka:

Thomas Hobbes
Hukum merupakan kumpulan perintah-perintah dari orang yang memiliki kekuasaan untuk memerintah dan memaksakan perintahnya kepada orang lain.

Plato
Hukum adalah segala peraturan yang teratur dan tersusun baik yang mengikat masyarakat di dalamnya .

Aristoteles
Hukum hanya sebagai kumpulan peraturan yang tidak hanya mengikat masyarakat tetapi juga hakim pun ikut terikat.

E. Utrecht
Hukum adalah kumpulan petunjuk hidup atau perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat yang seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat. Jika terjadi pelanggaran, dapat menimbulkan tindakan oleh pemerintah atau penguasa yang bersangkutan.

R. Soeroso SH
Hukum merupakan himpunan aturan yang diciptakan yang berwenang dan bertujuan mengatur tata kehidupan bermasyarakat, serta mempunyai ciri memerintah dan melarang serta sifatnya memaksa dengan menjatuhkan sanksi hukuman bagi si pelanggar hukum.

Mochtar Kusumaatmadja
Sebuah hukum yang memadai harus tidak hanya memandang hukum itu sebagai perangkat berisi kaidah dan asas-asas yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat semata, tapi harus mencakup lembaga atau institusi dan proses yang diperlukan untuk mewujudkan hukum itu dalam kenyataan.

Abdul Kadir Muhammad, SH
Hukum merupakan segala peraturan baik tertulis dan tidak tertulis yang mempunyai kekuatan sanksi tegas terhadap setiap pelanggarnya.

Nah, demikianlah beberapa pakar hukum dalam memberikan definisinya. Semoga bermanfaat, bahwa sekali hukum adalah himpunan aturan untuk penyelesaian masalah apa pun.


Sumber yang diambil Admin Suriya-Aceh: www.AnneAhira.com


Suriya-Aceh
Sobat Pengunjung Website/Blog Sederhana www.suriya-aceh.co.cc|
Silahkan Kirimkan Donasi Sobat Pengunjung Seikhlasnya Berupa Uang/Pulsa Untuk Perkembangan Website/Blog Ini dan Proses Sebagi Media Informasi Ajang Berbagi Ilmu Pengetahuan Via Rek : 2360073771 ! atau (Klik Gambar Disamping).

Suriya-Aceh
Admin Dibalik Website/Blog Sederhana Ini: Suriya|
Ialah Seorang Yang Sedang Mencoba Belajar Website/Blog dan Belajar Lebih Baik Lagi. Jika Sobat Senang Dengan Isi Dari Website/Blog Ini Pastikan Sobat Pengunjung Untuk Berlanganan Via E-Mail! atau Ambil FEED RSS.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Sobat Pengunjung Ceritakan Tentang Isi Dari Blog Sederhana Ini
Kritik dan Saran Juga Untuk Membenahi Blog Sederhana Ini...!!!
Setitik komentar Anda, dapat membangun Blog ini...

“Semoga Blog Seder Hana Ini Bermanfaat Untuk Kita Semuanya”

Free Gabung Disini

Gabung Disini Free

Ayo Ikutan Disini Free

Ikutan Gabung Disini