0 Definisi Sastra: Sastra Wujud Karya Seni

Sabtu, 25 Desember 2010

Sûřįŷă-Ăŧĵěĥ - Apakah Anda tipikal orang yang suka membaca novel? Apakah dalam sehari Anda bisa melahap satu sampai dua judul novel? Berarti, Anda bisa dikategorikan sebagai penikmat karya sastra.

Kata "sastra" tentunya tidak asing di telinga penggemar novel. Namun, apakah Anda tahu arti sastra?

Menurut Sapardi Joko Damono, salah seorang pujangga Indonesia terkemuka, definisi sastra adalah sarana untuk menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan sosial. Melihat dari sudut pandang ini, sastra erat kaitannya dengan ilmu sosial yang mencakup hubungan antarmasyarakat dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan.

Ilmu sosial memiliki beberapa cabang ilmu utama. Salah satunya linguistik, ilmu yang mempelajari aspek pengetahuan dan sosial dari bahasa. Pembagian bidang linguistik sendiri mencakup semantika atau makna bahasa, pragmatika atau hubungan antara makna dan konteks, morfologi atau morfem bahasa, sintaksis atau pakem dalam membuat kalimat, fonologi atau perbendaharaan fonem, fonetika atau ilmu bunyi, leksikologi atau ilmu kata, etimologi atau asal usul kata, dan ilmu perbandingan bahasa.

Kata "sastra" berasal dari kata serapan dalam Bahasa Sansekerta yang artinya pedoman atau ajaran. Menurut Panuti Sudjiman, sastrawan, sastra adalah karya lisan atau tulisan yang memiliki ciri keunggulan seperti keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya. Dalam Bahasa Indonesia, dikenal dengan istilah "kesusastraan". Pembagian kesusastraan biasanya berdasarkan bahasa atau daerah geografis.

Kategori Sastra
Sastra bisa dibagi atas sastra lisan dan sastra tertulis. Sastra lisan tidak berhubungan dengan tulisan, tetapi lebih kepada ekspresi bahasa yang diungkapkan secara oral mengenai pemikiran seseorang.

Kategori sastra di antaranya sebagai berikut :
• Cerpen atau cerita pendek, suatu bentuk prosa atau karangan yang tak terikat yang dibuat tidak berdasarkan kejadian nyata atau fiktif dengan hanya mengambil satu atau dua bagian kehidupan tokoh utamanya. Contoh cerpen adalah The Tell – Tale Heart karya Edgar Allan Poe.

• Novel, karya fiksi prosa berbentuk naratif yang dalam Bahasa Italia disebut novella, yang artinya sepotong berita atau sebuah cerita. Novel lebih panjang dari cerpen, bisa sekitar 40.000 kata atau lebih dan jalan ceritanya tentang kehidupan sehari-hari tokoh sentral dan menitikberatkan pada sisi uniknya.

• Syair.

• Pantun, jenis puisi lama yang terdapat sampiran dan isi di dalamnya.

• Drama, bentuk karya sastra yang dapat diperankan dalam suatu pertunjukkan.

Lukisan, karya seni yang dikomunikasikan kepada penikmatnya dengan menuangkan ide di atas kanvas dan cat warna warni sebagai perantara.


Sumber yang diambil Admin Suriya-Aceh: www.AnneAhira.com


Suriya-Aceh
Sobat Pengunjung Website/Blog Sederhana www.suriya-aceh.co.cc|
Silahkan Kirimkan Donasi Sobat Pengunjung Seikhlasnya Berupa Uang/Pulsa Untuk Perkembangan Website/Blog Ini dan Proses Sebagi Media Informasi Ajang Berbagi Ilmu Pengetahuan Via Rek : 2360073771 ! atau (Klik Gambar Disamping).

Suriya-Aceh
Admin Dibalik Website/Blog Sederhana Ini: Suriya|
Ialah Seorang Yang Sedang Mencoba Belajar Website/Blog dan Belajar Lebih Baik Lagi. Jika Sobat Senang Dengan Isi Dari Website/Blog Ini Pastikan Sobat Pengunjung Untuk Berlanganan Via E-Mail! atau Ambil FEED RSS.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Sobat Pengunjung Ceritakan Tentang Isi Dari Blog Sederhana Ini
Kritik dan Saran Juga Untuk Membenahi Blog Sederhana Ini...!!!
Setitik komentar Anda, dapat membangun Blog ini...

“Semoga Blog Seder Hana Ini Bermanfaat Untuk Kita Semuanya”

Free Gabung Disini

Gabung Disini Free

Ayo Ikutan Disini Free

Ikutan Gabung Disini