0 Di Aceh Barat, 4 Formasi CPNS tak Ada Pelamarnya

Rabu, 22 Desember 2010

Sûřįŷă-Ăŧĵěĥ - Hingga masa pendaftaran berakhir 20 Desember lalu, ternyata empat formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2010 di Kabupaten Aceh Barat, kosong pelamar. Sedangkan jumlah total pelamar untuk tenaga teknis, pendidikan, dan kesehatan di kabupaten yang mengutamakan PNS dari putra daerah ini mencapai 2.964 orang.

Kepala Bagian (Kabag) Kepegawaian Setdakab, selaku Sekretaris Panitia Rekrutmen CPNS Kabupaten Aceh Barat, Bambang Surya Bakti menjawab Serambi, Selasa (21/12) menyebutkan bahwa empat formasi yang tak ada pelamarnya itu adalah dokter gigi (dibuka satu orang), S1 Radiologi (dibuka dua orang), S1 Keperawatan/Nurse (dibuka dua orang), dan S1 Teknik Lingkungan (dibuka satu orang). “Empat formasi itu hingga akhir penutupan pendaftaran tak ada pelamarnya,” ujar Bambang.

Dia tambahkan, total pelamar CPNS di Aceh Barat tahun ini hingga akhir penutupan pada 20 Desember lalu mencapai 2.964 orang. Sedangkan untuk pengambilan nomor dilakukan sejak 23 hingga 24 Desember dan pelaksanaan tes dilakukan pada 25 Desember 2010.

STIKes Bersyarat
Di sisi lain, Kabag Kepegawaian Setdakab ini menambahkan, untuk pelamar yang mengantongi ijazah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yayasan Payung Negeri Aceh Darussalam (YPNAD) sudah diterima mendaftar untuk ikut tes pada akhir masa penerimaan calon CPNS.

“Mereka diterima secara bersyarat, yakni harus melampirkan surat pernyataan dari Yayasan Payung Negeri. Bahwa apabila calon pelamar yang diterima nantinya bermasalah, maka yayasanlah yang bertanggung jawab,” ujar Bambang.

Menurutnya, Pemkab Aceh Barat sebelumnya memang menolak menerima alumni STIKes YPNAD untuk ikut tes CPNS tahun ini. Pasalnya, di ijazah lulusannya tertera bahwa ijazah itu dikeluarkan di Meulaboh oleh pimpinan yayasan. Dikhawatirkan, legalitasnya akan diragukan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang berkedudukan di Jakarta.

Tapi kemudian pihak Yayasan Payung Negeri membuat surat bahwa mereka yang akan menjamin dan berurusan ke BKN, apabila kemudian alumni STIKes itu sudah lulus tes, tapi tak diangkat BKN menjadi PNS. Disebutkan juga bahwa jumlah pelamar dari STIKes Payung Negeri Jurusan D3 Kebidanan mencapai 30 pelamar.

Aceh Jaya 2 formasi
Dari Aceh Jaya dilaporkan juga, jumlah pelamar CPNS di kabupaten itu untuk tahun 2010 mencapai 4.958 orang. Angka itu diketahui setelah Pemkab Aceh Jaya menutup masa pendaftaran. Penutupannya malah dipercepat beberapa hari, guna membatasi pelamar, mengingat jumlah yang ada itu sudah sangat banyak untuk ukuran Aceh Jaya.

Lagi pula di dalam qanun kabupaten itu dana yang tersedia untuk proses rekrutmen CPNS tahun 2010 hanya untuk 5.000 pelamar. Sekda selaku Ketua Panitia Rekrutmrn CPNS Aceh Jaya, Ir Buni Amin kepada Serambi kemarin menjelaskan bahwa CPNS yang mendaftar sebagai tenaga kependidikan 2.640 orang, tenaga kesehatan 1.059 orang, dan tenaga teknis 1.259 orang. “Sementara, jumlah yang kita terima tahun ini hanya 239 orang,” sebut Buni Amin.

Sebagaimana di Aceh Barat, menurutnya, di Aceh Jaya tahun ini ada dua formasi yang kosong pelamarnya, yakni D3 Anestesi (dibuka untuk dua orang) dan D2 Informatika Komputer (dibuka untuk dua orang). Sekda juga meluruskan data mengenai jumlah CPNS yang sebenarnya diterima di Aceh Jaya tahun ini hanya 239 orang, bukan 244 orang, sebagaimana pernah disampaikan pada saat pengumuman pertama kali dikeluarkan oleh BKPP Aceh.

“Ada sedikit kekeliruan. Yang sebenarnya diterima sesuai dengan surat Menpan adalah 239 orang,” ujarnya seraya menyebutkan bahwa untuk lokasi tes tahun ini akan digelar di Calang, Krueng Sabee hingga Panga.


Sumber yang diambil Admin Suriya-Aceh: Silahkan Lihat Saja Di Sini


Suriya-Aceh
Sobat Pengunjung Website/Blog Sederhana www.suriya-aceh.co.cc|
Silahkan Kirimkan Donasi Sobat Pengunjung Seikhlasnya Berupa Uang/Pulsa Untuk Perkembangan Website/Blog Ini dan Proses Sebagi Media Informasi Ajang Berbagi Ilmu Pengetahuan Via Rek : 2360073771 ! atau (Klik Gambar Disamping).

Suriya-Aceh
Admin Dibalik Website/Blog Sederhana Ini: Suriya|
Ialah Seorang Yang Sedang Mencoba Belajar Website/Blog dan Belajar Lebih Baik Lagi. Jika Sobat Senang Dengan Isi Dari Website/Blog Ini Pastikan Sobat Pengunjung Untuk Berlanganan Via E-Mail! atau Ambil FEED RSS.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Sobat Pengunjung Ceritakan Tentang Isi Dari Blog Sederhana Ini
Kritik dan Saran Juga Untuk Membenahi Blog Sederhana Ini...!!!
Setitik komentar Anda, dapat membangun Blog ini...

“Semoga Blog Seder Hana Ini Bermanfaat Untuk Kita Semuanya”

Free Gabung Disini

Gabung Disini Free

Ayo Ikutan Disini Free

Ikutan Gabung Disini