0 Mengenal Tujuan Partai Politik

Selasa, 28 Desember 2010

Sûřįŷă-Ăŧĵěĥ - Untuk mendirikan sebuah partai politik tentunya tidak hanya sekadar jadi. Hal tersebut dikarenakan sebuah partai politik haruslah mempunyai tujuan partai politik yang jelas. Tentunya antara satu partai politik dengan partai politik yang lain memiliki cara yang berbeda untuk mencapai tujuan itu.

Namun, hendaknya menjadikan Undang-Undang Pemilu dan Partai Politik sebagai acuan dari tujuan partai politik tersebut. Dalam undang-undang tersebut sebuah partai politik memiliki dua tujuan pokok, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus yang kesemuanya dilaksanakan secara konstitusional.

Berikut ini perinciannya agar dapat diketahui dan dipahami. Hal ini diperlukan dan penting untuk wawasan politik kita sebagai makhluk politik dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan Umum Partai Politik
Partai politik yang ada haruslah memiliki tujuan yang bersifat umum. Dalam hal ini bertujuan untuk kepentingan masyarakat dan bangsa secara keseluruhan, yaitu sebagai berikut:

1. Partai politik dibentuk untuk mewujudkan cita-cita nasional dari bangsa Indonesia sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. Tujuan idealnya seperti itu, bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu, melainkan untuk seluruh bangsa Indonesia. Tidak peduli akan adanya perbedaan baik suku, bahasa, budaya, agama, dan lain sebagainya.

2. Tujuan lainnya yaitu untuk menjaga dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Partai politik didirikan bukanlah untuk memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, segala tindakan yang sifatnya mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, dilarang.

3. Selain itu, partai politik juga didirikan bertujuan untuk mengembangkan kehidupan demokrasi yang berdasarkan Pancasila dan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan adanya partai politik, kehidupan demokrasi dapat berkembang sehingga kedaulatan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dapat tercapai.

4. Terakhir, yang tak kalah pentingnya yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Tujuan Khusus Partai Politik
Tujuan khusus ini sifatnya lebih ke dalam partai itu sendiri. Ada beberapa tujuan khusus atau misi yang harus dicapai oleh suatu partai politik, yaitu sebagai berikut:

1. Partai politik haruslah dapat meningkatkan partisipasi politik baik dari anggota dan juga masyarakat Indonesia dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik dan pemerintahan.

2. Sebuah partai politik harus memperjuangkan cita-cita partai politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3. Partai politik harus memiliki kemampuan untuk membangun etika dan budaya politik, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.


Sumber yang diambil Admin Suriya-Aceh: www.AnneAhira.com


Suriya-Aceh
Sobat Pengunjung Website/Blog Sederhana www.suriya-aceh.co.cc|
Silahkan Kirimkan Donasi Sobat Pengunjung Seikhlasnya Berupa Uang/Pulsa Untuk Perkembangan Website/Blog Ini dan Proses Sebagi Media Informasi Ajang Berbagi Ilmu Pengetahuan Via Rek : 2360073771 ! atau (Klik Gambar Disamping).

Suriya-Aceh
Admin Dibalik Website/Blog Sederhana Ini: Suriya|
Ialah Seorang Yang Sedang Mencoba Belajar Website/Blog dan Belajar Lebih Baik Lagi. Jika Sobat Senang Dengan Isi Dari Website/Blog Ini Pastikan Sobat Pengunjung Untuk Berlanganan Via E-Mail! atau Ambil FEED RSS.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Sobat Pengunjung Ceritakan Tentang Isi Dari Blog Sederhana Ini
Kritik dan Saran Juga Untuk Membenahi Blog Sederhana Ini...!!!
Setitik komentar Anda, dapat membangun Blog ini...

“Semoga Blog Seder Hana Ini Bermanfaat Untuk Kita Semuanya”

Free Gabung Disini

Gabung Disini Free

Ayo Ikutan Disini Free

Ikutan Gabung Disini