0 Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Rabu, 29 Desember 2010

Sûřįŷă-Ăŧĵěĥ - Pemandangan pagi hari di sebuah rumah. Ayah membaca koran dengan secangkir kopi hangat di depannya. Ibu sibuk membuat sarapan dan membantu anak-anak menyiapkan diri ke sekolah. Setelah semua berangkat, ibu masih beres-beres rumah dan bersiap-siap ke kantor. Kebetulan, kantor sang ibu hanya di sebelah rumah.

Satu ketika, ibu berkata pada sang suami, “Alangkah indahnya jika kita bekerja sama di pagi hari. Ayah dan anak-anak juga membantu Ibu.” Sang suami memandang wajah istrinya yang terlihat capek. Rasa sayang dan iba menjadi satu menyentuh hatinya. Keesokan harinya, sang suami mengajak anak-anak membantu istrinya. Kebersamaan yang indah. Inilah salah satu contoh pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.

Memahami Kewajiban dan Hak
Demokrasi adalah kesetaraan hak dan kewajiban. Demokrasi dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama. Adanya kebebasan berpendapat dan menerima kritik adalah ciri demokrasi yang hakiki. Contoh tersebut menunjukkan bahwa sang istri paham bahwa sebenarnya ada celah untuk membuat keluarganya lebih harmonis dengan bekerja sama.

Sang istri ingin bahwa suaminya ikut serta dalam menangani tugas rumah tangga sehingga anak-anak dapat melihat bahwa ayah mereka pun mempunyai rasa peduli kepada kesibukan ibu di pagi hari. Apa yang dilakukan sang istri adalah mengutarakan pendapatnya dan suami menyetujui pendapat tersebut. Suatu keharmonisan rumah tangga yang didasari oleh nilai-nilai demokrasi.

Kebebasan Bersyarat
Demokrasi bukanlah kebebasan tanpa batas dan memaksakan kehendak kepada orang lain. Walaupun suatu pendapat dinilai benar secara absolut, tetap saja pihak yang memahami kebenaran pendapat itu tidak bisa memaksakan pendapatnya kepada orang lain. Keberagaman pendapat ini bisa menjadi bara dalam sekam atau menjadi seperti batu warna-warni dalam kolam jernih sehingga keindahannya bisa membuat kolam semakin mempesona.

Keberagamaan budaya dan agama di Indonesia harusnya tetap dijadikan warna-warni demokrasi yang harus dihargai. Namun, yang banyak terjadi adalah saling memaksakan kehendak. Pihak mayoritas merasa paling berkuasa sehingga yang minoritas harus ikut. Harusnya dicari jalan mediasi dan negosiasi sehingga terbentuk kedamaian yang tak terusik keangkaramurkaan.

Ketakutan sebagian kalangan bahwa umat Islam di kota besar, seperti Jakarta, sudah tidak terlalu toleran lagi perlu ditanggapi dengan serius. Apapun hasil survei tersebut, semua pihak harus mulai memasang bendera waspada. Jangan sampai negara demokrasi damai yang sebagai cita-cita bersama menjadi ternoda oleh sebagian orang yang memahami arti demokrasi secara sempit.

Semua Punya Hak Memimpin
Dalam pemilihan ketua kelas, anak-anak diberi pelajaran memilih yang terbaik, bukan hanya terpopuler. Popularitas memang bisa membuat seseorang menjadi pemimpin. Namun, tanpa leadership yang kuat, tak mungkin kepopuleran mampu membuat seseorang tiba-tiba langsung bisa menjadi pemimpin yang baik.

Seorang pemimpin memang harus populer dengan sifatnya yang bijaksana, baik, mau berkorban, dan selalu mementingkan rakyatnya di segala bidang. Biasanya, pemimpin yang mampu menjaga popularitas karena hasil kerjanya yang memuaskan akan dipilih berkali-kali.

Akan tetapi, untuk ketua kelas, guru juga harus memberikan kesempatan pada yang lain agar semua anak mempunyai pengalaman sebagai seorang pemimpin. Pemimpin itu terlahir melalui didikan pengalaman.


Sumber yang diambil Admin Suriya-Aceh: www.AnneAhira.com


Suriya-Aceh
Sobat Pengunjung Website/Blog Sederhana www.suriya-aceh.co.cc|
Silahkan Kirimkan Donasi Sobat Pengunjung Seikhlasnya Berupa Uang/Pulsa Untuk Perkembangan Website/Blog Ini dan Proses Sebagi Media Informasi Ajang Berbagi Ilmu Pengetahuan Via Rek : 2360073771 ! atau (Klik Gambar Disamping).

Suriya-Aceh
Admin Dibalik Website/Blog Sederhana Ini: Suriya|
Ialah Seorang Yang Sedang Mencoba Belajar Website/Blog dan Belajar Lebih Baik Lagi. Jika Sobat Senang Dengan Isi Dari Website/Blog Ini Pastikan Sobat Pengunjung Untuk Berlanganan Via E-Mail! atau Ambil FEED RSS.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Sobat Pengunjung Ceritakan Tentang Isi Dari Blog Sederhana Ini
Kritik dan Saran Juga Untuk Membenahi Blog Sederhana Ini...!!!
Setitik komentar Anda, dapat membangun Blog ini...

“Semoga Blog Seder Hana Ini Bermanfaat Untuk Kita Semuanya”

Free Gabung Disini

Gabung Disini Free

Ayo Ikutan Disini Free

Ikutan Gabung Disini