2 Pengertian Administrasi Pendidikan

Rabu, 22 Desember 2010

Sûřįŷă-Ăŧĵěĥ - Anda tengah mencari pengertian administrasi pendidikan? Jangan Khawatir. Dalam artikel ini akan dipaparkan beberapa pengertian administrasi pendidikan dari berbagai sumber dan tokoh.

Di dalam Encyclopedia of Research pengertian administrasi pendidikan yaitu proses pengintegrasian kegiatan-kegiatan personil dan pendayagunaan sumber-sumber material yang sesuai sedemikian rupa guna meningkatkan secara efektif perkembangan kualitas manusia.

Sutisna menyatakan bahwa administrasi pendidikan adalah keseluruhan proses dengan mana sumber-sumber manusia dan materi yang cocok dibuat tersedia dan efektif begi pencapaian maksud-maksud organisasi secara efisien.

Engkoswara menyatakan bahwa administrasi pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya adalah “suatu ilmu yang mempelajari penataan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan secara produktif”

Soepardi menyatakan bahwa administrasi pendidikan adalah semua aspek kegiatan untuk mendayagunakan berbagai sumber (manusia, sarana dan prasarana, serta media pendidikan lainnya) secara optimal, relevan, efektif, dan efisien guna menunjang pencapaian pendidikan

Daryanto sendiri menyatakan bahwa administrasi pendidikan adalah suatu cara bekerja dengan orang-orang, dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif

Nawawi menyatakan bahwa administrasi pendidikan adalah rangkaian kegiatan atau keseluruhan, proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan dalam lingkungan tertentu, terutama berupa lembaga pendidikan formal.

Fungsi-fungsi administrasi pendidikan antara lain sebagai berikut.
1. Perencanaan
Pada perencanaan ini kita menggunakan data dan informasi dari apa yang terjadi di masa lalu untuk membuat perencanaan yang akan dilaksanakan nanti ke depannya sesuai dengan tujuan yang diiginkan.

2. Pengorganisasian
Pengorganisasian yang dimaksud adalah dengan mengelompokkan tugas-tugas yang ada dengan sumber daya- sumber daya yang ada yang tentunya didukung oleh fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal.

3. Perangsangan
Perangsangan atau yang biasa disebut dengan istilah motivating ini dimaksudkan agar tugas-tugas yang ada dilaksanakan dengan menggunakan kemampuan yang dipunyai secara maksimal. Banyak cara yang dilakukan dalam perangsangan ini, antara lain : menciptakan suasana organisasi yang nyaman, terdapat kebebasan mengeluarkan pendapat, pemberian tugas yang sesuai dengan kemampuan, dll

4. Pengkoordinasian
Pengkoordinasian yakni mengarahkan tugas atau kegiatan yang ada kea rah tujuan yang ingin dicapai. Setiap orang diberi kebebasan untuk menyelesaikan tugasnya dengan caranya masing-masing, namun, harus diiringi dengan tangung jawab yang tinggi.

5. Penilaian
Penilaian disini dimaksudkan adanya control atau pemonitoran atas tugas-tugas yang ada. Hal ini dimaksudkan agar tujuan semula yang ingin dicapai tidak berbelok arah.

Bidang-bidang yang mencakup administrasi pendidikan :
1. Administrasi Kurikulum

2. Administrasi Personil

3. Administrasi Sarana

4. Administrasi Keuangan

5. Administrasi Siswa


Sumber yang diambil Admin Suriya-Aceh: www.AnneAhira.com


Suriya-Aceh
Sobat Pengunjung Website/Blog Sederhana www.suriya-aceh.co.cc|
Silahkan Kirimkan Donasi Sobat Pengunjung Seikhlasnya Berupa Uang/Pulsa Untuk Perkembangan Website/Blog Ini dan Proses Sebagi Media Informasi Ajang Berbagi Ilmu Pengetahuan Via Rek : 2360073771 ! atau (Klik Gambar Disamping).

Suriya-Aceh
Admin Dibalik Website/Blog Sederhana Ini: Suriya|
Ialah Seorang Yang Sedang Mencoba Belajar Website/Blog dan Belajar Lebih Baik Lagi. Jika Sobat Senang Dengan Isi Dari Website/Blog Ini Pastikan Sobat Pengunjung Untuk Berlanganan Via E-Mail! atau Ambil FEED RSS.

2 Komentar:

Kisah Abu Nawas 22 Desember 2010 06.27 [Reply to comment]  

salam sob...
thanks sangat bermanfaat sekali untuk dimengerti sob

Terimakasih Untuk Komentar Sobat Pengunjung Semuanya...
By Suriyaaceh
Suriya-Aceh 22 Desember 2010 11.18 [Reply to comment]  

@Kisah Abu Nawas
Terimakasih sobat jika menurut sobat sangat mudah dan bisa di mengerti sobat blogwalking, karena ini semua saya berikan kepada para sahabat setia yang ingin membaca dan mengulas habis yang terdapat di blog ini

Salam blogwalking....

Poskan Komentar

Sobat Pengunjung Ceritakan Tentang Isi Dari Blog Sederhana Ini
Kritik dan Saran Juga Untuk Membenahi Blog Sederhana Ini...!!!
Setitik komentar Anda, dapat membangun Blog ini...

“Semoga Blog Seder Hana Ini Bermanfaat Untuk Kita Semuanya”

Free Gabung Disini

Gabung Disini Free

Ayo Ikutan Disini Free

Ikutan Gabung Disini