0 Sekilas Tentang Karya Sastra

Jumat, 24 Desember 2010

Sûřįŷă-Ăŧĵěĥ - Perdebatan-perdebatan mengenai sebuah karya sastra terdengar sangat seru. Banyak argumen yang terlontar keluar dari pendebat yang memang telah ahli dalam mengapresiasi karya sastra. Tidak bisa langsung disalahkan atau dibantah karena sudut pandang seseorang dalam mengapresiasi sebuah karya tentu berbeda.

Karya Sastra Berkualitas dan Karya Sastra Kurang Bermutu

Karya sastra berkualitas tentunya merujuk pada sebuah karya sastra yang memiliki ragam persepsi apreasi dari pembaca. Tidak henti-henti orang mengapresiasi karya tersebut, pun dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Hampir bisa dikatakan kalau karya sastra bermutu akan menduduki posisi penting dalam dunia sastra. Artinya, karya tersebut bertahan dari masa ke masa dan tidak bosan para apresiator untuk memperbincangkan.

Berbeda lagi jika karya sastra kurang bermutu. Karya yang hampir sekilas saja orang bisa menikmati. Hanya sedikit saja apresiator membincangkan, pun dalam waktu yang pendek. Dalam pendek waktu tersebut, akan muncul kebosanan yang luar biasa. Tentu, para penikmat sastra dan apresiator akan beralih kepada karya sastra lain tanpa memperbincangkan lebih lanjut karya sastra kurang bermutu tersebut.

Sebut saja, sebuah lirik lagu sebagai contoh. Akan diketahui jika beberapa lirik lagu yang berkualitas tidak akan kehilangan penggemar. Lirik lagu yang pekat mengandung unsur-unsur kesastraan akan banyak mengundang persepsi dan akan sesuai dengan beberapa zaman.

Ini disebabkan adanya multitafsir kepada karya sastra yang berupa lirik lagu tersebut. Berbeda lagi jika kita sebut lirik lagu yang sekali, duakali dengar akan membosankan. Memang, dalam waktu beberapa saat, lirik lagu tersebut bisa dijadikan sebuah perbicangan yang hangat. Namun, tidak akan bertahan lama.

Para akademisi sastra yang lebih banyak mengapresiasi sastra dalam hal penilaian akan memberi syarat kepada karya sastra berkualitas atau tidak. Misalnya, dalam penggunaan bahasa. Karya sastra, meski menggunakan bahasa sehari-hari, ungkapan yang ada merupakan sebuah ungkapan yang baru. Keindahan bunyi salah satunya bisa masuk dalam kriteria ini. Selain itu, kepekatan sebuah bahasa seolah menjadi sebuah kepentingan yang mendasar. Ini disebabkan harus ada pembeda antara karya sastra dan koran.

Sesuatu yang baru yang harusnya diangkat dalam tema penciptaan karya sastra. Tentu, tema-tema yang sudah tergarap jika ditulis lagi akan menimbulkan sebuah kebosanan. Meski tidak bisa dipungkiri jika sebuah karya sastra itu mimetik, berhubungan dengan kehidupan sosial masyarakat atau sebaliknya. Kehidupan sosial yang diangkat menjadi sebuah karya sastra atau karya sastra yang membentuk sebuah kehidupan dalam masyarakat.

Kekhasan Karya Sastra
Kekahasan sebuah karya sastra mungkin akan menjadi sebuah syarat penting dalam karya sastra. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar karya sastra tidak berbentuk tiruan atau plagiat. Perlu juga menghidari bentuk-bentuk yang klise.

Adanya pengekoran sebuah karya sastra akan menjadikan sebuah karya sastra tidak beragam dan tidak memiliki kekhasan sendiri. Ini malah akan membahayakan karena tidak bisa dibedakan karya yang asli atau karya tiruan.

Karya Sastra Menyesuaikan Diri dengan Zaman
Karya sastra yang bisa menyesuaikan diri dengan zaman tentu tidak banyak. Ini akan dibuktikan dari perbincangan sejarah sastra bahwa karya yang ada itu sudah diakui dari dulu. Bahkan, sampai sekarang masih diakui dan dijunjung tinggi serta masih membutuhkan banyak apresiasi. Semakin digali, nilai yang ada di dalamnya akan semakin banyak nilai-nilai yang bisa ditemukan.


Sumber yang diambil Admin Suriya-Aceh: www.AnneAhira.com


Suriya-Aceh
Sobat Pengunjung Website/Blog Sederhana www.suriya-aceh.co.cc|
Silahkan Kirimkan Donasi Sobat Pengunjung Seikhlasnya Berupa Uang/Pulsa Untuk Perkembangan Website/Blog Ini dan Proses Sebagi Media Informasi Ajang Berbagi Ilmu Pengetahuan Via Rek : 2360073771 ! atau (Klik Gambar Disamping).

Suriya-Aceh
Admin Dibalik Website/Blog Sederhana Ini: Suriya|
Ialah Seorang Yang Sedang Mencoba Belajar Website/Blog dan Belajar Lebih Baik Lagi. Jika Sobat Senang Dengan Isi Dari Website/Blog Ini Pastikan Sobat Pengunjung Untuk Berlanganan Via E-Mail! atau Ambil FEED RSS.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Sobat Pengunjung Ceritakan Tentang Isi Dari Blog Sederhana Ini
Kritik dan Saran Juga Untuk Membenahi Blog Sederhana Ini...!!!
Setitik komentar Anda, dapat membangun Blog ini...

“Semoga Blog Seder Hana Ini Bermanfaat Untuk Kita Semuanya”

Free Gabung Disini

Gabung Disini Free

Ayo Ikutan Disini Free

Ikutan Gabung Disini