0 Teori Kekuasaan Negara

Minggu, 26 Desember 2010

Sûřįŷă-Ăŧĵěĥ - Teori kekuasaan negara merupakan kajian yang membahas berbagai hal tentang negara. Dikatakan teori karena ia telah menjadi kajian ilmu pengetahuan yang telah dirumuskan oleh para ahli dan diakui oleh kalangan akademisi.

Kekuasaan adalah suatu hal yang niscaya di dalam suatu negara. Negara perlu orang yang memegang kekuasaan agar negara tersebut bias dikendalikan.

Sebelum berbicara tentang kekuasaan dalam suatu negara, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana sebuah negara bisa terbentuk. Kemudian kita akan coba mengetahui apa yang dimaksud dengan negara. Barulah setelah itu kita akan membahas mengenai kekuasaan yang ada di dalam suatu negara.

Awal Terbentuknya Negara
Berdasarkan fakta sejarah, awal mula terbentuknya suatu negara disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:
1. Karena adanya pendudukan (occupatie)

2. Terjadinya peleburan (fusi)

3. adanya penyerahan (cessie)

4. Terjadinya penaikan (accesie)

5. Setelah mengadakan proklamasi

Suatu negara harus memiliki rakyat, memiliki wilayah, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat penuh. Selain itu keberadaanya pun harus diakui oleh negara lain di seluruh dunia. Di dalam sebuah negara ada suatu kedaulatan yang diakui warganya sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi atas diri mereka di wilayah negara tersebut.

Teori Pembagian Kekuasaan
Terkadang di dalam praktik ketatanegaraan, terjadi pemusatan kekuasaan pada satu tangan. Hal menimbulkan terjadinya sistem pemerintahan yang dilakukan secara absolut.

Kondisi ini biasa terjadi pada negara yang menganut sistem pemerintahan monarki. Di mana kekuasaan negara terletak penuh kepada seorang penguasa yang dinamakan raja. Pembagian kekuasaan diperlukan untuk menghindari kondisi tersebut. Pembagian kekuasaan berfungsi untuk mengontrol dan menjaga keseimbangan diantara lembaga-lembaga pemegang kekuasaan.

M. Kusnadi dan Harmaily memberikan pengertian mengenai pembagian kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif, tetapi tidak dipisahkan. Artinya, meskipun, kekuasaan itu telah dibagi atau dipisahkan satu sama lain, tapi bagian-bagian itu tetap dimungkinkan melakukan koordinasi atau kerja sama.

Jimly Asshiddiqie berpendapat sama dengan Kusnadi dan Harmaily, bahwa bagian-bagian kekuasaan yang terpisah itu tetap memungkinkan terjadinya koordinasi dan kerja sama.

Apa pun definisinya, pembagian kekuasaan baik dalam arti pembagian atau pun pemisahan bertujuan sama, yaitu untuk membatasai kekuasaan sehingga tidak terjadi pemusatan kekuasaan pada satu tangan yang cenderung bertindak sewenang-wenang.

Hakikat Pembagian Kekuasaan
Zul Afdi Ardian (1994) membagi hakikat pembagian kekuasaan melalui dua cara, yaitu:

1. Pembagian kekuasaan secara vertikal.
Pembagian kekuasaan secara vertikal berarti pembagian kekuasaan menurut tingkatannya. Pembagian kekuasaan ini dilakukan oleh beberapa tingkat pemerintahan di dalam negara tersebut. Misalnya saja pembagian kekuasaan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah di dalam negara kesatuan. Atau jika di dalam negara federasi, dilakukan antara pemerintah federal dan pemerintah negara bagian.

2. Pembagian kekuasaan secara horizontal.
Pembagian kekuasaan secara horizontal adalah pembagian kekuasan berdasarkan fungsinya. Pembagian kekuasaan lebih menitikberatkan kepada pembedaan antara fungsi pemerintahan seperti pembedaan antara fungsi badan legislatif, eksekutif, dan yudikatif.


Sumber yang diambil Admin Suriya-Aceh: www.AnneAhira.com


Suriya-Aceh
Sobat Pengunjung Website/Blog Sederhana www.suriya-aceh.co.cc|
Silahkan Kirimkan Donasi Sobat Pengunjung Seikhlasnya Berupa Uang/Pulsa Untuk Perkembangan Website/Blog Ini dan Proses Sebagi Media Informasi Ajang Berbagi Ilmu Pengetahuan Via Rek : 2360073771 ! atau (Klik Gambar Disamping).

Suriya-Aceh
Admin Dibalik Website/Blog Sederhana Ini: Suriya|
Ialah Seorang Yang Sedang Mencoba Belajar Website/Blog dan Belajar Lebih Baik Lagi. Jika Sobat Senang Dengan Isi Dari Website/Blog Ini Pastikan Sobat Pengunjung Untuk Berlanganan Via E-Mail! atau Ambil FEED RSS.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Sobat Pengunjung Ceritakan Tentang Isi Dari Blog Sederhana Ini
Kritik dan Saran Juga Untuk Membenahi Blog Sederhana Ini...!!!
Setitik komentar Anda, dapat membangun Blog ini...

“Semoga Blog Seder Hana Ini Bermanfaat Untuk Kita Semuanya”

Free Gabung Disini

Gabung Disini Free

Ayo Ikutan Disini Free

Ikutan Gabung Disini