0 Wilayah Kekuasaan Islam

Kamis, 06 Januari 2011

Sûřįŷă-Ăŧĵěĥ - Islam pernah mengalami masa keemasannya dan menguasai dunia beberapa abad silam. Ketika itu, wilayah kekuasaan Islam bahkan sampai pada wilayah Spayol, yaitu ketika Thariq bin Ziyad mulai masuk ke daratan Romawi dan melakukan penaklukan ke wilayah Eropa yang notabene adalah wilayah kekuasaan Romawi pada waktu itu.

Sejak itulah wilayah kekuasaan Islam terus menyebar hingga akhirnya sampai ke seluruh penjuru dunia. Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan wilayah kekuasaan Islam itu? Dan sejauh mana Islam melakukan perluasan wilayah?

Wilayah kekuasaan Islam adalah wilayah yang dimana pengaruh Islam masuk ke wilayah tersebut, baik sistem pemerintahannya dan pandangan hidup masyarakatnya dipengaruhi oleh nilai-nilai keislaman.

Berbicara tentang wilayah kekuasaan Islam, kita harus membedakan antara konteks masa lalu dengan konteks sekarang. Dulu, yang disebut dengan wilayah kekuasaan Islam adalah suatu tempat, wilayah (negara) yang ditaklukkan dan dikuasai oleh tentara Islam ketika masa kekhalifahan.

Karena pada waktu itu masih zaman perang, maka yang disebut dengan wilayah kekuasaan Islam adalah wilayah yang berhasil diduduki oleh tentara Islam, lalu pemerintahan di wilayah tersebut diambil alih dan dipegang oleh pasukan Islam.

Sebagai contoh ketika pasukan tentara Islam melakukan perluasan wilayah ke pelosok-pelosok negeri, seperti Spanyol, Prancis, dan Portugal. Ketiga negara tersebut dulu disebut sebagai wilayah kekuasaan Islam, tetapi sekarang tidak lagi karena konteksnya sudah berbeda.

Berbicara tentang konteks modern, yang dimaksud dengan wilayah kekuasaan Islam adalah sebuah wilayah di mana wilayah tersebut sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai dan ajaran Islam. Walaupun negara atau wilayah tersebut bukanlah wilayah yang menggunakan sistem pemerintahan Islami, tetapi wilayah itu bisa dikatakan sebagai wilayah kekuasaan Islam.

Atau, yang disebut sebagai wilayah kekuasaan Islam adalah wilayah yang dahulu pernah dikuasai oleh Islam dan pada waktu itu bentuk pemerintahan negaranya adalah berdasarkan hukum-hukum Islam, tetapi sekarang sudah menjadi negara yang sekuler (memisahkan negara dengan agama), seperti Turki.

Di Indonesia sendiri, ada wilayah yang masih menggunakan hukum Islam sebagai hukum wilayahnya, yaitu daerah Aceh. Daerah tersebut bisa dikatakan sebagai wilayah kekuasaan Islam.

Jadi kesimpulannya, wilayah kekuasaan Islam tidak hanya sebatas wilayah yang menggunakan Islam sebagai ideologi negara, melainkan negara-negara yang pernah dimasuki oleh pengaruh Islam juga bisa dikatakan sebagai wilayah kekuasaan Islam. Lebih singkatnya, seluruh wilayah di dunia ini yang pernah dimasuki oleh pengaruh Islam yang dominan bisa dinamakan wilayah kekuasaan Islam.


Sumber yang diambil Admin Suriya-Aceh: www.AnneAhira.com


Suriya-Aceh
Sobat Pengunjung Website/Blog Sederhana www.suriya-aceh.co.cc|
Silahkan Kirimkan Donasi Sobat Pengunjung Seikhlasnya Berupa Uang/Pulsa Untuk Perkembangan Website/Blog Ini dan Proses Sebagi Media Informasi Ajang Berbagi Ilmu Pengetahuan Via Rek : 2360073771 ! atau (Klik Gambar Disamping).

Suriya-Aceh
Admin Dibalik Website/Blog Sederhana Ini: Suriya|
Ialah Seorang Yang Sedang Mencoba Belajar Website/Blog dan Belajar Lebih Baik Lagi. Jika Sobat Senang Dengan Isi Dari Website/Blog Ini Pastikan Sobat Pengunjung Untuk Berlanganan Via E-Mail! atau Ambil FEED RSS.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Sobat Pengunjung Ceritakan Tentang Isi Dari Blog Sederhana Ini
Kritik dan Saran Juga Untuk Membenahi Blog Sederhana Ini...!!!
Setitik komentar Anda, dapat membangun Blog ini...

“Semoga Blog Seder Hana Ini Bermanfaat Untuk Kita Semuanya”

Free Gabung Disini

Gabung Disini Free

Ayo Ikutan Disini Free

Ikutan Gabung Disini